SEMES7A - movie review

 

pict belongs to semesta.

Hi it's me again. Ternyata memulai tu emang sulit ya hehe. Udah 4 bulan lalu aku nulis post wacana mau review film/buku/series yang aku tonton, tapi setelah itu belum ada post baru juga wkwk. Kenapa? karena tepat setelah nulis post itu, aku dikejar-kejar dosen pembimbing skripsi untuk segera selesain skripsiku so I forced myself to not watch or read any movies/series/books lol and it works, aku bisa fokus skripsian deh jadinya uhuy. sekarang udah selesai alhamdulillah udah S1 HAHAHA skip.

Sebenernya selama 4 bulan ini ada banyak film yang aku tonton, tapi yaudah semoga ada niat buat nulisnya ya. Aamiin. Sebelumnya, maaf aku gak pande nulis apalagi review film. Ini cuma buat tulisan+dokumentasi memori tontonanku aja sih, jadi harap maklum ya kalau agak gimana tulisanku.

langsung aja. Spoiler Alert!

S E M E S 7 A - sebuah film dokumenter karya Chairun Nissa.

Pertama dirilis tanggal 30 Januari 2020, diproduseri oleh Amanda Marahimin dan Nicholas Saputra. (wow aku kaget pas tau ini film diproduserin sm Nicholas Saputra jg)

Film ini tuh adalah film dokumenter yang pas aku tonton, gak ngebosenin sama sekali. Mungkin karena aku juga tertarik sama cerita yang diusung sama film ini kali ya, yaitu tentang usaha menjaga lingkungan. Dalam film ini, kita diperkenalkan dengan 7 tokoh di Indonesia dari berbagai daerah yang memiliki satu tujuan yang sama, yaitu sama-sama mencintai dan berupaya menjaga alam.

Di awal, kita dibawa jalan-jalan ke Bali. Disuguhkan sebuah perayaan budaya yang ada di Bali. Aku kira awalnya emang mau memperkenalkan budaya gitu kan. Tapi ternyata nggak, ada makna dibalik itu. Setahun sekali di Bali punya perayaan Nyepi, dimana tidak ada masyarakat Bali yang boleh keluar satupun. Nyepi tuh ibaratnya kayak istirahat dari aktivitas sehari-hari kita, untuk tujuan refresh gitu. hebatnya, Nyepi di Bali bisa menguragi produksi emisi karbon hingga 1/3 dari biasanya.

Abis itu kita diajakin ke daerah Kalimantan Barat. Disana ada kampung adat yang masih memegang teguh peninggalan dari leluhurnya untuk menjaga hutan. Warga desa disana hidup dengan cara berburu dan berkebun. Adem banget pokoknya. Setelah itu kita jalan lagi ke Nusa Tenggara Timur, disana ada tokoh agama yang berjasa membuat tenaga listrik dari aliran sungai yang dibuat bareng-bareng sama warga desanya juga. Lalu ada tokoh perempuan dari Raja Ampat, Papua yang bekerja sebagai penyelam. Kemudian ada tokoh dari ujung barat Indonesia, yaitu Aceh yang aktif menjaga lingkungan, mengedukasi warga soal pentingnya hidup damai berdampingan dengan hewan liar Sumatera yang terkenal, yaitu Gajah Sumatera.\

Terus ke Imogiri, Yogyakarta kita dikenalin sama seorang bapak dan keluarganya yang makannya dari bahan-bahan organik yang ditanam sendiri, beliau juga mengedukasi orang-orang soal pentingnya menjaga lingkungan dimulai dari menjaga tubuh kita sendiri. Pas nonton ini rasanya tuh kayak "aku pgn hidup kayak gini tapi aku sadar aku gak bisa hidup jauh dari kota hahaha" terus langsung dikenalin sama satu tokoh yang hidup di lingkup urban tapi tetep bisa ikut berupaya menjaga dan melestarikan alam dengan cara berkebun di tengah kota.

Pokoknya pas nonton film ini tuh banyak banget pelajaran yang bisa didapet. Karena sebenarnya menjaga alam itu diajarkan di semua agama, dan upaya masing-masing individu untuk melestarikan alam bisa beda-beda sesuai agama, suku, dan budaya yang mereka anut dan semua dari mereka sama-sama memiliki niat baik yaitu untuk melestarikan alam, menjaga lingkungan.

Selain itu, sinematografinya juga bagus bangeeettt. Kita disuguhkan dengan pemandangan Indonesia dari barat ke timur yang bagusnya luar biasa, sangat memanjakan mata. Adem banget rasanya. Hutan dan laut Indonesia tuh se indah itu. Pengambilan gambarnya pokoknya mantep banget. Yang berkesan banget buat aku tuh pas pengambilan gambar di Raja Ampat (ya emang se bagus itu sih Raja Ampat -- hope I can go there soon!) sama kawanan Gajah di Aceh, bagus banget :')

Untuk aku yang biasanya bosenan kalau nonton film dokumenter, sementara pas nonton ini gak ada rasa bosen samasekali malah gak kerasa, dan aku juga emang dukung concern sama lingkungan, aku rate film ini 9/10 hehe.

Comments

Popular Posts